Berita

Bagian Ortal Setda Mimika Gelar Sosialisasi Anjab dan ABK

MIMIKA - Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Bagian Organisasi Tata Laksana (Ortal) Sekretariat Daerah Kabupaten Mimika melaksanakan sosialisasi Analisis Jabatan (Anjab) dan Teknis Penyusunannya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika tahun 2024. Acara ini diselenggarakan di Hotel Horison Ultima Timika, Jalan Hasanuddin Timika, Jumat (19/07/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Bidang Administrasi Umum pada Setda Mimika, Anace Hambore, S.E., M.Si., didampingi oleh Kepala Bagian Organisasi Tata Laksana (Ortal) Setda Mimika, Hengki Amisim, S.Sos, M.H., dengan narasumber dari Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Papua.

Dalam sambutan Bupati Mimika yang disampaikan oleh Anace Hambore, dijelaskan bahwa penataan kelembagaan yang meliputi analisis jabatan dan analisa beban kerja merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN). Kebijakan ini dapat berdampak pada perubahan manajemen ASN di instansi pemerintah Kabupaten Mimika.

"Sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1 Tahun 2020 tentang penyusunan analisis jabatan dan analisa beban kerja, tujuan utama kebijakan ini adalah untuk memastikan reformasi birokrasi berjalan dengan baik," jelas Anace.

Anace menambahkan, fasilitasi dalam sosialisasi yang merupakan program nasional ini bertujuan untuk menciptakan pelayanan yang lebih dinamis dan profesional. Ini adalah upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi dalam mendukung kerja pelayanan pemerintah serta diharapkan mampu mengubah kultur birokrasi menjadi lebih baik dan menciptakan kinerja pemerintahan yang lebih mandiri.

"Khusus dalam pelaksanaan, disesuaikan dengan Peraturan Kemenpan RB Nomor 1 Tahun 2020 tentang penyusunan analisis jabatan dan analisa beban kerja. Hal ini akan menunjang sistem pelayanan publik yang efektif karena kita juga memiliki Peraturan BKN No. 9 Tahun 2022 tentang tata cara pelaksanaan penyusunan kebutuhan ASN," lanjutnya.

Anace berharap sosialisasi ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ia bangga karena sudah ada organisasi perangkat daerah yang telah menjalankan SOP-nya dengan baik dan berharap instansi lain dapat meningkatkan kinerja sesuai regulasi yang ada. Ia juga mengharapkan kesempatan ini dapat dimanfaatkan untuk berdiskusi dengan narasumber dari Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Papua.

"Diskusi atau sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi kita semua. Bapak ibu dapat memberikan masukan atau pertanyaan bagi narasumber demi kemajuan kinerja ASN di lingkup pemerintah Kabupaten Mimika," tutup Anace.

Tim Liputan Diskominfo

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?