Berita

Bappeda gelar FGD Penyusunan Kamus IKU

MIMIKA - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) untuk penyusunan kamus Indikator Kinerja Utama (IKU) pembangunan Kabupaten Mimika. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bappeda Mimika pada hari Rabu (16/10/2024).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, S.I.P., M.Si., yang didampingi oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Dr. Petrus Yumte, S.H., M.Si., dan Kepala Bappeda Mimika, Ir. Yohana Paliling, M.Si. Acara ini dihadiri oleh para Kasubag Program dan operator. Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Tim Brawijaya Malang.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Mimika menyampaikan bahwa FGD penyusunan kamus indikator kinerja utama pembangunan Kabupaten Mimika merupakan langkah awal bagi Kabupaten Mimika. Beliau menjelaskan bahwa di tingkat pusat, penyusunan kamus ini telah dilakukan sejak lama.

Lebih lanjut, Valentinus menyampaikan, “Pada kesempatan ini, kita satukan frekuensi melalui penyusunan kamus indikator. Kamus ini akan menjadi acuan resmi bagi kita dalam mengidentifikasi tujuan, sasaran program, dan kegiatan dalam dokumen perencanaan dan pelaksanaannya.” 

Valentinus menjelaskan, “Penyusunan kamus ini merupakan langkah penting untuk memastikan setiap sasaran program dan kegiatan yang kita laksanakan dapat dinilai secara akurat dan bertanggung jawab.”

Penyusunan kamus ini memiliki beberapa tujuan utama yang sangat relevan dengan proses pembangunan di Kabupaten Mimika. Pertama, menyediakan alat ukur yang komprehensif dan standar agar tepat sasaran. Kedua, meningkatkan akuntabilitas dan transparansi agar dapat mempertanggungjawabkan hasil kinerjanya dengan indikator yang jelas.

Menutup sambutannya, Valentinus berharap, “Dengan tersusunnya kamus indikator ini, kita semua bisa konsisten mengawal pekerjaan kita dengan baik, terutama pada urusan perencanaan.”

"Jika kita semua dapat melaksanakan penyusunan kamus ini dengan baik, pasti kita dapat melangkah dengan baik dan Kabupaten Mimika akan berkembang jauh lebih baik. Untuk itu, kita semua harus berbagi pandangan dalam penyusunan kamus indikator yang akan digunakan selama periode pembangunan 2025-2029," tutup Valentinus.

 

Tim liputan Diskominfo 

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?