Berita

Bappeda Mimika Gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2025

MIMIKA- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika, Papua Tengah, mengadakan kegiatan Forum Konsultasi Publik, Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Mimika tahun 2025. Berlangsung di Ballroom Hotel Cartenz, Rabu (20/03/2024) di Timika. 

Hadir membuka kegiatan tersebut, Penjabat Sekretaris Daerah (PJ. Sekda) Mimika, DR. Ida Wahyuni, S.STP., MEc Dev., didampingi oleh Sekretaris Bappeda, Joseph Manggasa, S.T., M.si.

Dalam sambutan Bupati Mimika yang dibacakan oleh PJ. Sekda Mimika menyampaikan bahwa penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik RKPD merupakan tahapan penyusunan rancangan awal rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika tahun 2025, sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri Nomor 86 tahun 2017 disebutkan bahwa Forum Konsultasi Publik dilaksanakan oleh Bappeda serta diikuti oleh pemangku kepentingan pembangunan untuk menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan.

"Sasaran dan program pembangunan daerah RKPD tahun 2025 ini merupakan penjabaran dan masa transisi dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2020-2024 Kabupaten Mimika yang akan menjadi tujuan dan sasaran untuk dapat dicapai di RKPD tahun 2025 ," ucap Ida Wahyuni.

Lanjutnya, RKPD Kabupaten Mimika tahun 2025 mengusung tema ”Pembangunan Infrastruktur untuk Peningkatan Ekonomi Berbasis Potensi Lokal dan Penguatan Daya Saing Menuju Mimika Unggul”, sebagaimana diarahkan untuk penyelenggaraaan kelangsungan permerintahan daerah dan pelayanan kepada masyarakat.

Dari hasil sumber data Badan Pusat Statistik (BPS) Mimika tahun 2023 Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Mimika berada pada point 75,91 yang menunjukkan bahwa pembangunan yang dilakukan pada urusan pendidikan, kesehatan dan peningkatan daya beli masyarakat sudah berjalan sesuai yang diharapkan dan telah melampaui target yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Mimika. 

"Saya sangat mengharapkan prioritas pembangunan daerah ditahun 2025 fokus pada penurunan kemiskinan terutama kemiskinan ekstrim dan penurunan angka stunting dan penanganan inflasi. Untuk indikator kinerja utama lainnya, diantaranya yang berhubungan dengan indikator pelayanan publik, indeks kualitas layanQan infrastruktur, indeks pembangunan msayarakat, indeks penurunan pelanggaran hukum kedepannya semakin membaik kedepannya," harapnya.

"Kepada seluruh peserta Forum Konsultasi Publik RKPD, agar memanfaatkan pertemuan hari ini untuk memberikan partisipasinya yang positif untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Mimika tahun 2025," tuturnya lagi.

Ida Wahyuni menambahkan, berpartisipasi sesuai dengan tugas, kewenangan dan keahlian yang dimiliki, serta manfaat yang akan diperoleh dan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah, kami ingatkan agar berbagai aspirasi dan harapan dari berbagai pihak yang dapat dihimpun untuk mempertajam indikator kinerja, tujuan dan sasaran program, setiap perangkat daerah guna dapat meningkatkan indikator kinerja utama sebagai sistem pencapaian kinerja daerah Kabupaten Mimika.

Menutup sambuatannya, Ida menyampaikan selamat melaksanakan Forum Konsultasi Publik dengan semangat kebersamaan dan rasa tanggungjawab terhadap tugas dan kewenangan serta keahlian dan manfaat yang diperoleh untuk kemajuan kesejahteraan masyarakat Mimika.

 

Tim Liputan Diskominfo Mimika

 

 

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?