Berita

Bappeda Mimika Gelar Seminar Penyusunan Dokumen Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Energi Mineral

MIMIKA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Papua Tengah,  melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan Seminar Pendahuluan Penyusunan Dokumen Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Energi dan Mineral (Survey Tinjau Potensi Mineral Logam), berlangsung Jumat (24/11/23) di ruang rapat kantor Bappeda Mimika.

Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Septinus Timang, S.Sos., M.H., membuka kegiatan secara resmi mewakili Bupati Mimika, didampingi Sekretaris Bappeda, Joseph Manggasa, S.T., M.Si., serta Ahli Teknik Pertambangan, Dr. Andi Ilham Samanlagi, S.T., M.T, juga Ahli Teknik Eksplorasi Mineral, Dr. Muhammad Adam, S.T., M.T., dan Ahli Teknik Geologi Ir. Ramli, ST., M.T., sebagai narasumber dari Universitas Bosowa, Makassar. 

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Jeffri Deda, S.Sos., Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Beatrix Pademme, S.S., M.Si., juga Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Santi Sondang, S.IP., M.Si.,  serta Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Spedy Paereng, S.E., M.Si, dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Saat menyampaikan sambutan Bupati Mimika, Septinus mengatakan bahwa seminar ini sangat penting, mengingat sumber daya mineral merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, dan keberadaannya terikat pada ruang tertentu, serta mempunyai jumlah yang sangat terbatas di alam.

“Sumber daya mineral dapat dipergunakan sebesar - besarnya bagi kemakmuran penduduk, dimanfaatkan dan digunakan secara arif dan bijaksana, dengan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan,” ungkapnya. 

Ia menambahkan, data dan informasi tentang sumber daya mineral merupakan langkah awal yang akan mendukung kegiatan eksplorasi dan penambangan. 

“Ketersediaan data yang terbaru akan memudahkan Pemerintah Daerah untuk dapat mengembangkan potensi bahan tambang, menarik investasi, dan melakukan kebijakan-kebijakan yang dibutuhkan, guna mendukung pemanfaatan dan pengembangan potensi sumber daya mineral,” lanjutnya. 

Septinus memaparkan pula maksud dari seminar pendahuluan ini, yakni melakukan penelitian dan kajian potensi sumber daya mineral pada wilayah tertentu di Kabupaten Mimika, untuk selanjutnya melakukan pendataan dan pengidentifikasian jenis bahan galian, lokasi, luas sebaran dan perkiraan potensi hipotetik sumberdaya mineral, dari setiap jenis komoditi yang terdapat di wilayah tertentu. 

Sementara itu, tujuan seminar tersebut adalah tersedianya data potensi sumber daya bahan galian mineral logam, serta menyediakan informasi yang dibutuhkan bagi investasi di bidang eksplorasi dan eksploitasi bahan galian. 

“Saran saya, dalam pelaksanaanya harus juga ditelaah menyangkut sosial dan budaya, karena ketika sudah melibatkan kawasan yang ada penduduknya, ini merupakan hal yang sensitif,” pesannya.

Menutup sambutan Bupati, Septinus menyampaikan bahwa penelitian ini diharapkan dapat memberikan data - data yang akan menjadi acuan awal, untuk tahapan eksplorasi selanjutnya, agar sumber daya mineral yang ada dapat dimanfaatkan sebaik - baiknya, untuk kesejahteraan masyarakat. 

Tim Liputan Diskominfo Mimika

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?