Berita

Bappeda Mimika Penyelenggaraan Forum Perangkat Daerah Kabupaten Mimika Tahun 2024

MIMIKA – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, Papua Tengah, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Mimika, menyelenggarakan kegiatan Forum Perangkat Daerah, dengan tema pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan ekonomi berbasis potensi lokal dan penguatan daya saing menuju Mimika Unggul. Bertempat di Ballroom Hotel Horison Diana, Jumat (22/3/2024) di Timika.

Bupati Mimika, DR.Eltinus Omaleng., S.E., M.H., membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah secara resmi, dengan didampingi oleh Anggota DPRD Mimika, Iwan Anwar, S.H., M.H., Kepala Bappeda, Ir. Yohana Paliling, M.Si., turut hadir pula PJ. Sekda Mimika, DR. Ida Wahyuni, S.STP., MEc Dev., para Kepala OPD pada lingkup Pemerintah Kabupaten Mimika, Kepala Distrik, PT. Freeport Indonesia, Lembaga Lemasa, Lemasko, YPMAK, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita serta para Kasubbag Program dan operator tiap OPD.

Dalam sambutannya, Bupati Mimika, DR. Eltinus Omaleng, S.E., M.H., menyampaikan bahwa sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, wajib menyusun rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) sebagai rencana pembangunan tahunan dan merupakan penjabaran rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

Bupati Eltinus mengatakan, Penyelenggaraan Forum Perangkat Daerah merupakan bagian dari tahapan penyusunan Perencanaan Pembangunan Daerah untuk menentukan prioritas program dan kegiatan pembangunan Kabupaten Mimika tahun 2025 yang diselaraskan dengan Rencana Kerja atau Renja Perangkat Daerah dan bermuara pada Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD). 

“Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat merumuskan rencana Pembangunan Kabupaten Mimika kedepannya ke arah yang lebih baik, dalam upaya peningkatan kualitas keluaran kegiatan yang lebih baik berdasarkan fungsi pelayanan yang dilaksanakan oleh setiap Perangkat Daerah dengan mengakomodir kebutuhan masyarakat,” tuturnya.

Eltinus juga mengharapkan, para Kepala Distrik dan Pimipinan OPD dalam melaksanakan pembahasan dapat menentukan prioritas program serta kegiatan pembangunan tahun anggaran 2025 dengan merespon aspirasi masyarakat yang telah disepakati dalam Musrenbang Distrik sebelumnya sesuai arah kebijakan dan prioritas pembangunan dengan tetap memperhatikan hal-hal seperti : Tahun 2025 merupakan tahun transisi maka dokumen Renja OPD tetap berpedoman pada Renstra OPD yang belum tercapai dan mengacu pada Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun anggaran 2025; Mengevaluasi pelaksanaan Renja OPD tahun lalu berdasarkan Renstra OPD termasuk program/kegiatan yang belum terselesaikan dan masih perlu untuk dilanjutkan; Merumuskan prioritas program dan kegiatan, indikator yang terukur, kelompok sasaran, lokasi dan pagu indikatif dari setiap OPD.

“Konsep pembangunan di Papua secara khusus di Kabupaten Mimika didasarkan pada pengertian bahwa pembangunan harus dilakukan secara berkelanjutan dan partisipatif, artinya bahwa semua elemen masyarakat terlibat dalam proses pembangunan dengan memperhatikan kearifan lokal, budaya dan adat istiadat masyarakat setempat,” ucapnya.

Menutup sambutannya, Bupati mengatakan oleh karena itu perlunya keberlanjutan membuka akses dan pengembangan infrastruktur, meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM, mendorong kewirausahaan dan pengembangan ekonomi lokal serta meningkatkan koordinasi antar pihak yang ada di Kabupaten Mimika, sekaligus membuka kegiatan pelaksanaan Forum Perangkat Daerah secara resmi .

 

Tim Liputan Diskominfo Mimika

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?