MIMIKA – Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) terkait Pengukuran Indeks Pelayanan Publik, Indeks Kepuasan Masyarakat, dan Indeks Profesionalisme Aparatur Tahun 2025. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat Bappeda Mimika pada Selasa, 20 Mei 2025.
FGD ini secara resmi dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Inosensius Yoga Pribadi, S.H., M.H., didampingi oleh Kepala Bappeda Mimika, Ir. Yohana Paliling, M.Si., Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia (PPM) Bappeda Mimika, Regina Wenda, S.Sos., serta narasumber dari Universitas Brawijaya Malang.
Turut hadir sebagai peserta, para Kepala Subbagian Program dan operator dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Mimika.
Dalam sambutannya, Inosensius menegaskan bahwa indikator kinerja utama (IKU) daerah merupakan instrumen penting dalam mengukur pencapaian visi dan misi kepala daerah. Oleh karena itu, pengukuran IKU perlu dilakukan secara berkala setiap tahun.
“Dokumen penyusunan Indeks Pelayanan Publik, Indeks Kepuasan Masyarakat, dan Indeks Profesionalisme Aparatur Kabupaten Mimika Tahun 2024 merupakan dasar penting untuk mengukur kualitas pelayanan dan profesionalisme aparatur. Indeks ini termasuk dalam indikator kinerja utama daerah yang membutuhkan pengukuran secara spesifik,” ungkapnya.
Ia menambahkan, pengukuran ini merupakan langkah konkret dalam mengoptimalkan kinerja perencanaan pembangunan yang semakin membaik setiap tahun. Pelayanan publik yang berkualitas, menurutnya, adalah hak dasar setiap warga negara.
“Indeks ini memberikan gambaran tentang kualitas layanan yang diberikan instansi pemerintah kepada masyarakat. Melalui pengukuran ini, kita dapat mengevaluasi kinerja aparatur dalam memberikan pelayanan yang efektif, efisien, transparan, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” jelasnya.
Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa hasil pengukuran ini akan menjadi tolok ukur penting dalam mengevaluasi kinerja, mengidentifikasi kelemahan, serta merancang langkah perbaikan dan pengembangan ke depan.
“Saya mengajak seluruh jajaran pemerintahan, instansi terkait, dan masyarakat untuk bekerja sama dengan penuh semangat dan dedikasi guna mencapai hasil yang lebih baik di masa depan,” harap Inosensius.
Ia pun menutup sambutannya dengan mengajak semua pihak untuk meningkatkan kualitas pembangunan dan pelayanan publik.
“Mari kita tingkatkan kualitas pembangunan, pelayanan publik, serta keamanan dan ketertiban, agar kita dapat mewujudkan Mimika yang responsif, enerjik, transparan, terampil, objektif, dan berdaya saing menuju Gerbang Emas,” pungkasnya.
Tim Peliputan Diskominfo Mimika