Berita

Bupati Mimika Resmi Buka Festival TIFA 2024

MIMIKA - Dalam rangka peningkatan pergerakan Ekonomi Kreatif serta menciptakan lapangan kerja di sektor
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. TIFA Creative menyelenggarakan Timika Inside Festival Of Art (TIFA) Tahun 2024, berlangsung di Lapangan Timika Indah, Kamis (18/07/2024) di Timika.

Bupati Mimika, Johannes Rettob, S.Sos., M.M., bersama Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo., S.H., M.H., secara resmi membuka Timika Inside Festival Or Art (TIFA) tahun 2024 didampingi perwakilan PT. Freeport Indonesia, Ketua Umum Cendekiawan Perempuan Papua, dan juga Rektor Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir yakni dari Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Alex Yeuyanan dan Tim, para Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua Tengah, para Asisten dan Staf Ahli Bupati pada Sekretariat Daerah (Setda) Mimika, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimda, BUMN/BUMD, Tokoh Seniman, Budayawan, Komunitas Pemuda, Perempuan dan Agama, Peserta Festival serta masyarakat Kabupaten Mimika yang turut hadir untuk menyaksikan meriahnya Festival TIFA tahun 2024 tersebut.

Bupati Mimika, Johanes Rettob, dalam sambutannya menyampaikan di era digitalisasi yang semakin maju ini, kita semua tahu bahwa TIFA telah hadir sebagai wadah bagi para seniman di tanah Papua, khususnya di Timika, Papua Tengah, untuk memamerkan karya-karya seni budaya asli dan modern.

“Saya atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Mimika memberikan apresiasi atas terselenggaranya TIFA tahun 2024. Pagelaran yang dimotori anak-anak muda ini telah menginjak tahun keempat, ini sangat luar biasa, karena tahun ini TIFA masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) yang merupakan program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), TIFA juga menjadi satu- satunya pagelaran terbaik yang mewakili Provinsi Papua Tengah dalam Karisma Event Nusantara,” ucapnya.

Johannes mengatakan, kegiatan ini juga sebagai moment untuk melestarikan kebudayaan asli dari Mimika serta daerah lainnya yang berada di Kabupaten Mimika dan melalui event ini akan banyak lahir ide-ide kreatif yang mengangkat budaya lokal dari Kabupaten Mimika dan juga budaya-budaya lain di Papua.

“Event ini suasana ataupun spiritnya adalah lokal, tetapi gongnya ini gong nasional. Bahkan, kalaupun kita bisa bawa ini ke event internasional, kita percaya itu akan bisa terjadi. Atas semua itu, saya juga ingin mengapresiasi setiap individu dan seluruh pihak, yang terlibat dalam penyelenggaraan tifa tahun 2024,” tutur Johannes.

“Terima kasih atas seluruh dedikasi dan semangat, untuk menjadikan festival ini sebagai tonggak seni-budaya yang akan selalu dikenang. Semua tangan yang bekerja, selayaknya racikan semangat yang selaraskan aroma dan rasa, membentuk simponi harmonis yang tak terlupakan di kabupaten mimika yang kita cintai," tutupnya.

Tim Liputan Diskominfo Mimika

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?