Berita

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan-RB dan Pj Bupati Mimika Sidak Fasilitas Pelayanan Publik

MIMIKA - Usai membuka kegiatan Sosialisasi Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik di Aula kantor BPKAD Mimika, Pj. Bupati Mimika, Yonathan Demme Tangdilintin, S.H., M.M bersama Deputi Bidang Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), Dr. Otok Kuswandaru, S.Sos., M.Si., melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke beberapa fasilitas pelayanan publik, Selasa (11/3/2025) di Timika.

Sidak dimulai dari Puskesmas Kwamki Narama, Publik Center 119 Mimika dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mimika.

Selain sidak, Pj. Bupati dan Deputi Kemenpan-RB juga menyapa serta berinteraksi langsung dengan masyarakat yang saat itu hendak mendapatkan pelayanan di fasilitas pelayanan publik tersebut, seperti menayakan apa saja yang hendak diurus atau pelayanan publik apa yang diinginkan saat itu.

Deputi Kemenpan-RB, Dr. Otok Kuswandaru, S.Sos., M.Si., yang didampingi oleh Pj. Bupati Mimika, Yonathan Demme Tangdilintin, S.H., M.M saat diwawancarai Tim Liputan Diskominfo dan awak media usai sidak di Puskesmas Kwamki Narama mengatakan puskesmas adalah sarana kesehatan yang berada paling ujung dari seluruh siklus pelayanan kesehatan secara nasional.

“Saya juga sedikit kaget di Timika ada puskesmas yang relatif bagus seperti ini dan memiliki banyak instalasi yang lengkap. Mulai dari anak-anak, lansia dan dari jenis penyakit juga demikian baik yang menular maupun yang tidak menular, termasuk bagaimana pengolahan penyimpanan obat yang luar biasa bagus,” ungkap Otok.

Ia juga mengatakan, yang paling penting adalah puskesmas ini sudah menjalankan Omnichannel. Itu artinya bahwa akses pelayanan publik kepada masyarakat itu sudah bisa melalui mobile dan bisa dicontoh dari kabupaten lain di Papua.

Usai melakukan sidak di puskesmas kwamki narama, Deputi Kemenpan-RB dan Pj Bupati Mimika kemudian melanjutkan sidak di Publik Center 119 Mimika SP 2 Timika. Dalam sidak tersebut Deputi Kemenpan-RB dan Pj. Bupati Mimika menanyakan langsung kepada petugas bagaimana pelayanan dari Publik Center 119 kepada masyarakat dalam keadaan darurat dan apa saja kendalanya, kemudian juga melihat kelengkapan fasilitas pendukung operasional yaitu ambulance milik Publik Center 119 Mimika.

Sidak kemudian dilanjutkan di Kantor Disdukcapil Mimika. Dalam kunjungannya ke kantor Disdukcapil, Deputi dan Pj. Bupati Mimika juga berinteraksi langsung dengan masyarakat yang saat itu hendak mengurus dokumen kependudukan dan lain-lain serta melihat secara langsung alat cetak Kartu Identitas Kependudukan (KTP).

Deputi Kemenpan-RB kepada Tim Peliputan Diskominfo mengatakan Pemkab Mimika telah melakukan banyak perubahan sehingga masyarakat sejauh ini mendapatkan pelayanan yang baik.

“Saya kira apa yang dilakukan Pemerintah Mimika sudah banyak perubahan, dan upayanya fokus kepada bagaimana masyarakat itu dilayani dengan baik. Terutama, di Disdukcapil itu luar biasa, saya lihat waktu datang masih ada masyarakat yang duduk tapi sekarang sudah mendapat pelayanan dan sudah selesai. Itu artinya upaya untuk mempercepat pelayanan di dukcapil ini luar biasa,” ujarnya.

“Ini ruangan kalau dilihat semuanya bagus, suhunya tepat, pencahayaannya luar biasa bagus, kebersihannya luar biasa dan saya lihat teman-teman di loket itu ramah-ramah semua. Inilah yang harus kita pertahankan bahwa petugasnya harus ramah,” ucap Otok.

Tim Peliputan Diskominfo Mimika

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?