Berita

Dinas Ketahanan Pangan Mimika kembali Gelar Pasar Murah Hingga 16 Desember 

MIMIKA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Ketahan Pangan Kabupaten Mimika kembali melaksanakan Kegiatan Gerakan Pangan Murah, berlangsung di Halaman Gereja Marthen Luter Timika, Jumat(01/11/2023).

Kepala Seksi (Kasie) Distribusi Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika, Husnia, SP.,M.Si., yang juga sekaligus adalah PPTK dalam kegiatan gerakan pangan murah (GPM) tersebut saat diwawancarai oleh tim Peliputan Diskominfo Mimika menyampaikan, Dinas Ketahanan Pangan Mimika akan melakukan kegiatan pangan murah di tiap dua lokasi terhitung sejak 1 Desember hingga 16 Desember 2023.

“Jadi gerakan pangan murah hari ini kami turun di dua lokasi yaitu lokasi pertama di gereja Marthen Luther Timika dan gereja Maranatha sp 3. Untuk hari ini kami ada kerjasama dengan beberapa distributor seperti biasa, yaitu Bulog, distributor bawang dan bahan pokok lainnya. Jadi mulai hari ini sampai dengan tanggal 16 akan dilakukan di dua lokasi,” ungkapnya.

Menurut Husnia, pihaknya sudah memiliki jadwal dan lokasi yang sudah ditentukan, jadwal tersebut akan dibagikan kepada masyarakat melalui flayer di platform media sosial.

“Kami juga sudah memiliki beberapa jadwal nanti kami akan share lagi jadwalnya, lokasi juga kami sudah tentukan. Selanjutnya kami akan gelar lagi di gereja torsina dan gereja katolik St.Sisilia Sp 2 karena sudah ada permintaan disitu dan sudah ada jadwal juga,” Ucapnya.

Husnia mengatakan masyarakat mimika sangat antusias menyambut gerakan pangan murah tersebut, hal ini karena tingkat kebutuhan masyarakat menjelang hari raya Natal meningkat.

“Antusias masyarakat sangat luar biasa, sangat tinggi sekali karena ini dilihat juga menjelang hari raya Natal dan tahun baru, sehingga masyarakat yang datang sangat antusias berbelanja. Untuk volume hari ini di gereja Marthen Luther untuk beras premium sekitar 400 karung (4 ton), SPHP 350 karung, minyak 1500 liter, sedangkan untuk bawang tadi kami drop sudah 400 kg tapi ada tambahan lagi dan cabe rawit 200 kg,” tuturnya. 

Kepala Perum Bulog Timika, Riyadi Muslim menambahkan, pada gerakan pangan murah tersebut pihaknya turut membantu program pemerintah khususnya dinas ketahanan pangan kabupaten mimika yang bertujuan untuk mengendalikan laju inflasi.

“Disini kami Bulog membantu program pemerintah, dalam hal ini pemerintah kabupaten mimika yang khususnya dinas ketahanan pangan untuk mengendalikan laju inflasi,” Kata Riyadi.

Riyadi mengatakan menjelang hari raya Natal yang merupakan momen hari raya nasional, masyarakat sangat membutuhkan komoditi pangan pokok sehingga ini ikut berpengaruh pada harga pasar. 

“Desember ini merupakan momen hari raya nasional, maka secara otomatis biasanya suplai itu akan meningkat, ini akan berpengaruh terhadap harga-harga di pasaran. Maka disini dinas dengan gerakan pasar murah membantu masyarakat agar masyarakat bisa mendapatkan komoditi-komoditi pangan pokok dengan harga yang terjangkau, khususnya bagi masyarakat yang akan merayakan hari raya natal,” paparnya.

“Untuk ketersediaan beras dalam waktu dekat ini, kami aman di Desember ini dan sampai awal tahun depan juga, karena kami stok lebih, lagipula kami juga ada meluncurkan bantuan pangan kepada masyarakat yang terdaftar dalam pdp,” ungkapnya.

Ia melanjutkan “Itu kami salurkan juga dialokasi September sampai dengan Desember ini dengan jumlah keseluruhan untuk kabupaten mimika per satu bulannya kami alokasikan 200 ton jadi untuk empat alokasi itu sekitar 800an ton untuk bantuan pangan dan juga kami hadir dengan dinas Ketahanan pangan kabupaten mimika dalam gerakan pangan murah,” tutup Riyadi.

 

Tim Peliputan Diskominfo Mimika

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?