Informasi

Dinas PUPR Akan Lakukan Pembangunan Infrastruktur Hingga Distrik

MIMIKA - Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menjawab isu terkait pembangunan pada area tanah di pasar swadaya (pasar lama) yang dikatakan akan di bangun taman kota timika.

Sekretaris Dinas PUPR, Inosensius Yoga Pribadi, S.H., M.H., saat ditemui tim liputan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di kantor Dinas PUPR, Jumat, 17 Februari 2023, menyatakan, hingga saat ini belum ada perencanaan ke depan untuk area tanah pasar lama.

"Di sini kami tekankan bahwa belum ada rencana akan diapakan lokasi itu nantinya. Sebab hingga saat ini masih terkendala dengan masalah tanah tersebut. Maka belum ada rencana akan dilakukan atau di bangun apa nanti. Namun jika sudah ada persetujuan, maka Dinas PUPR akan membuat kuesioner untuk masyarakat agar kita dapat mengetahui apa yang cocok untuk di bangun di area itu, dengan melihat kondisi wilayah dan tata ruang," ungkapnya.

Inosensius menjelaskan, selain di kota, program pekerjaan pembangunan seperti taman kota, lampu jalan, trotoar, nantinya juga akan dibangun miniatur kota di setiap distrik, agar orang-orang yang bekerja di distrik merasa nyaman.

Ia menambahkan, pada beberapa distrik, tidak sulit mendapatkan material, seperti distrik Potowaiburu, Kapiraya dan Agimuga, sehingga sangat mempermudah pembangunan. Akan tetapi, Dinas PUPR juga berupaya mencari penyedia yang memiliki alat, agar dapat membawa bahan aspal yang besar dan berat, sebab harus menggunakan kapal.

"Kami sudah melakukan survei pada distrik, hanya tinggal menunggu anggaran saja dan semua nantinya akan berjalan," imbuhnya.

Dinas PUPR Mimika, menurutnya, mempunyai rencana ke depan yakni pembangunan gedung kantor dan pembangunan infrastruktur pada tiap distrik. 

"Dengan adanya program kerja yang dilakukan oleh Dinas PUPR, harapannya pemerintah dan masyarakat saling mendukung," tuturnya. 

Menutup wawancaranya, Inosensius menegaskan bahwa untuk membangun infrastruktur sangat dibutuhkan anggaran, namun yang terpenting, masyarakat harus bersama-sama menjaga infrastruktur yang sudah dibangun, agar dapat bertahan lama.

 

Tim Liputan Diskominfo Mimika

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?