Informasi

Dinilai Sukses, Disnakertrans Mimika Kembali Adakan Kegiatan Peningkatan Keterampilan SDM OAP

MIMIKA – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mimika dinilai sukses melakukan pelatihan ketrampilan kepada pencari kerja Orang Asli Papua (OAP) pada tahun anggaran 2022 lalu melalui dana otsus.

Untuk itu, kegiatan ini kembali dilaksanakan pada tahun anggaran 2023, bahkan anggaran yang disiapkan mengalami peningkatan sebanyak 100 persen. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mimika, Paulus Yanengga, SH.,M.Si menuturkan, kalau tahun lalu dana yang dialokasikan untuk kegiatan tersebut sebesar Rp. 2 Miliar, pada tahun ini naik menjadi Rp. 4 Miliar.

“Tahun lalu itu dana 2 miliar, pesertanya sebanyak 100 orang. Tahun ini dengan adanya penambahan dana, peserta bisa 200 orang bahkan lebih,” jelas Paulus saat ditemui Tim Liputan Diskominfo Mimika di ruang kerjanya, Jumat 24 Februari 2023. 

Ia menjelaskan, ada 6 jurusan dalam pelatihan keterampilan ini, yaitu mengemudi, welder/pengelasan, alat berat loader, alat berat beko loader, alat berat excavator, dan operator alat berat.

“Enam jurusan ini disesuaikan kebutuhan pasar kerja di Mimika. Nanti setelah mengikuti pelatihan keterampilan, peserta akan mendapatkan sertifikat yang mana itu digunakan untuk melamar kerja di PT. Freeport Indonesia atau kotraktor,” pungkasnya.

Paulus menambahkan, kegiatan ini merupakan kerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Balai Latihan Kerja Sorong, Papua Barat. 

“Mereka yang kita latih tahun lalu, saat ini sudah terserap dibeberapa perusahaan yang ada di Mimika. Disitulah bentuk keberhasilan kita, menyiapkan SDM yang terampil dan bisa diterima di dunia kerja khususnya di Mimika khususnya Orang Asli Papua,” tutupnya.  

 

Tim Liputan Diskominfo Mimika

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?