Berita

Diskominfo Launching Kampung Digital di Distrik Mimika Barat

MIMIKA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Papua Tengah, melalui Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mimika melaksanakan Kegiatan Launching Kampung Digital di Kokonao, Distrik Mimika Barat, Senin (11/12/2023).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Mimika, Albertus Tsolme, S.Pd., didampingi Kepala Distrik Mimika Barat, Christian P. Warinussy, S.Sos, Danramil dan Kapolsek Mimika Barat.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, serta Pimpinan atau Perwakilan Bank Papua, UPTD Kokonao, Perwakilan Puskesmas, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat Kokonao, Distrik Mimika Barat yang ikut menyaksikan kegiatan Launching Kampung Digital tersebut.

Mewakili Bupati Mimika, Albertus saat membacakan sambutan Bupati menyampaikan, mewakili Pimpinan Daerah memberikan apresiasi kepada Diskominfo Mimika, Kepala Distrik Mimika Barat dan pihak ketiga yang telah bekerja keras untuk melaksanakan launching kampung digital pada hari ini.

“Pada kesempatan yang baik ini saya memberikan apresiasi kepada teman-teman Kominfo yang bekerja keras bersama dengan Kepala Distrik dan juga pihak ketiga sehingga kegiatan ini dapat berjalan, dan hari ini kita akan launching. Untuk itu, saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada semua yang terlibat dalam kegiatan ini,” ucap Albertus.

Menurutnya, pada era kemajuan teknologi yang semakin pesat tersebut, akses informasi menjadi salah satu kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena dengan informasi kita dapat mengetahui perkembangan yang terjadi di belahan dunia. Sehingga pemerintah daerah melalui dinas kominfo telah bekerja secara baik, agar masyarakat dapat merasakan fungsi daripada jaringan internet yang lebih mudah dan cepat.

“Hanya dengan bantuan jaringan internet dan alat komunikasi seperti smartphone dalam hitungan menit informasi apa saja yang dibutuhkan akan berada dalam genggaman, sehingga dengan kemudahan tersebut kita harus mampu memanfaatkannya dengan baik, salah satunya untuk menunjang kinerja aparatur pemerintah desa dalam mempromosikan setiap informasi terkait potensi alam maupun wilayah yang dimilikinya kepada khalayak luas,” jelasnya.

Albertus juga menambahkan, kampung digital ini untuk pertama kalinya launching di Distrik Mimika Barat, namun pihaknya akan berupaya melaksanakan kegiatan tersebut di beberapa Distrik lainnya.

“Kampung digital ini belum ada di tempat lain, baru Kokonao yang pertama sehingga hari ini kita launching. Selain itu, kokonao ini merupakan kota tua sehingga tidak salah jika Kokonao merasakan lebih dulu, dimana hal ini juga diperuntukkan bagi anak-anak sekolah dan masyarakat agar dapat bermanfaat dengan baik," ungkapnya.

“Dalam hal ini kami juga berupaya untuk
dilakukan hal serupa pada beberapa Diatrik lainnya. Kedepannya, memang tidak ada operasionalny sehingga selanjutnya kami serahkan kepada Distrik, sedangkan untuk masalah teknisi bisa berkomunikasi dengan kami pada Dinas Kominfo," ujar Albertus.

Mengakhiri sambutannya, Albertus berharap agar dengan ditetapkannya Distrik Mimika Barat sebagai Kampung Digital masyarakat dapat merasakan teknologi yang sama dengan masyarakat di kota.

“Saya berharap agar masyarakat dan aparat, semua dapat merasakan kemajuan teknologi seperti yang dirasakan masyarakat yang berada di kota. Mari kita semua memanfaatkan kemajuan teknologi ini dengan bijak, dengan harapan bahwa literasi digital yang tinggi akan memberikan dampak positif bagi pembangunan secara keseluruhan,” harap Albertus.

Sementara itu, Kepala Distrik Mimika Barat, Christian P. Warinussy, S.Sos dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Mimika dalam hal ini Dinas Kominfo yang telah menjadikan Distrik Mimika Barat sebagai kampung digital.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang telah membantu kami di distrik mimika barat, saya bersyukur hari ini bisa launching kampung digital. Dari 18 distrik, kami yang menjadi contoh untuk distrik lain, pertama baru di Kokonao Distrik Mimika Barat,” ungkapnya.

Christian mengatakan, pihaknya akan terus berupaya untuk terus melakukan kemajuan dan perkembangan di Distrik Mimika Barat yang bertujuan untuk membantu masyarakat.

“Satu per satu kita mulai memajukan Distrik Kokonao ini, kita terus membantu bapak ibu di kokonao dengan adanya perkembangan-perkembangan di Distrik Mimika Barat ini,” tutupnya.

Tim Liputan Diskominfo Mimika

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?