Berita

Diskominfo Mimika Gelar FGD Pengembangan dan Pengelolaan Ekosistem Kota Cerdas

MIMIKA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Program Pengembangan dan Pengelolaan Ekosistem Kota Cerdas “Smart City”. Berlangsung di Ballroom Hotel Horison Ultima, pada Kamis (25/07/2024) di Timika.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan pelaksanaan Rapat Dewan Smart City ini mengahadirkan Narasumber dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang juga pembimbing gerakan menuju 100 Smart City Kemenkominfo untuk Kabupaten Mimika, Dr. Techn Wikan Dibar Sunindyo, S.T., M.Sc.

Dalam FGD ini, Narasumber juga menyampaikan pengertian Smart City kepada peserta yang merupakan Operator dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yakni Smart City merupakan kawasan yang dapat mengelola berbagai sumber dayanya secara efektif dan efisien.

Wikan melanjutkan, hal ini dilakukan untuk menyelesaikan berbagai tantangan menggunakan solusi bersifat inovatif, terintegrasi, partisipatif, dan berkelanjutan untuk menyediakan infrastruktur dan memberikan layanan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Lanjutnya, beberapa kesiapan yang menjadi syarat sebuah kota menjadi Smart City yaitu struktur dimana yakni merupakan kesiapan SDM, kemajuan dalam birokrasi, dan kemampuan anggaran suatu daerah atau kota.

"Hal ini didalamnya ada Infrastruktur yakni pembangunan fisik, jaringan, dan sosial, dan superstruktur yakni kesiapan kebijakan seperti Perda, Perbup yang mengatur terkait Smart City," tuturnya.


Tim Liputan Diskominfo Mimika

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?