Berita

Diskominfo Mimika Raih Peringkat ke II AMC 2024 

BANDUNG - Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar malam apresiasi yang bertajuk "Anugerah Media Center 2024". Apresiasi ini diberikan kepada Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, dan para mitra yang telah berkolaborasi membangun komunikasi publik melalui jaringan Kominfo Newsroom, Selasa (05/03/2024) di Bandung, Jawa Barat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Mimika, meraih penghargaan Anugerah Media Center (AMC) 2024 yang diserahkan oleh Wakil Menteri Kominfo, Nezar Patria. 

Mewakili Bupati Mimika, DR. Eltinus Omaleng, S.E., M.H., dalam hal ini Pj. Sekda Mimika, DR. Ida Wahyuni, S.STP., MEc Dev., didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Robert Kambu, S.E., serta Plt. Kepala Dinas Kominfo Mimika., Bernadina Yamangin, S.H., hadir menerima secara langsung Penghargaan Anugerah Media Center (AMC) 2024, bertempat di Gedung Convetion Center, Bandung.

Pada rangkian malam puncak penghargaan AMC 2024 secara resmi juga diluncurkan Kominfo Newsroom oleh Wakil Meneteri Kominfo RI, Nezar Patria serta Inspektur Jenderal Kementrian Kominfo, Arief Tri Hardiyanto, dan turut dihadiri oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, para Kepala Daerah Provinsi Kabupaten/Kota.

Dalam sambutan Wakil Menteri Kominfo, mengatakan sangat mengapresiasi peran serta berbagai pihak yang telah bahu membahu membangun komunikasi dan menjaga ruang publik menjadi lebih sehat dan santun.

"Apresiasi juga untuk gelaran AMC 2024, dan tentu selamat kepada para pemenang AMC 2024. Semoga memotivasi kita untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi dan konten yang positif,” ujar Nezar.

Sementara itu, disaat yang sama, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemkominfo, Usman Kansong, mengatakan bahwa pengelolaan komunikasi publik harus terus dilakukan sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui produksi konten yang sehat dan positif, salah satu caranya adalah melalui sinergi dan kolaborasi.

“AMC menjadi bentuk apresiasi para mitra yang telah bersama-sama membangun komunikasi publik melalui informasi yang dikemas dalam pemberitaan atau konten informasi yang mendidik, mencerahkan dan memberdayakan di seluruh pelosok tanah air,“ ucap Usman.

Pj Sekda Mimika, DR. Ida Wahyuni, S.STP MEc Dev, menyampaikan ucapan selamat kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Mimika atas kinerjanya dalam penyebarluasan informasi positif terkait pembangunan dan pelayanan pemerintahan di Mimika sehingga bisa mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kominfo.

"Bupati Mimika DR. Eltinus Omaleng, SE., MH, senantiasa mendukung Keterbukaan Informasi Komunikasi Publik sebagai bentuk transparansi dari pemerintah kepada publik melalui berbagai kanal pemberitaan baik itu website pemerintah, serta pemanfaatan platform sosial media sebagai sarana penyebarluasan informasi," ungkap Pj.Sekda.

AMC 2024 menjadi acara tahunan yang digelar Kementerian Kominfo ini sedikit berbeda dengan gelaran tahun-tahun sebelumnya, pada 2024 ini diselenggarakan juga bimbingan teknis bidang jurnalistik bertajuk “Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom” (Jarkom), yang dilaksanakan secara serentak pada Selasa 5 Maret 2024 lalu, dengan empat tema Jarkom yakni Jurnalisme Data, Mobile Journalisme, Media Relations, dan Jurnalisme Pemerintah Ramah SEO.

Ini menjadi momen baik karena bertepatan juga dengan penantian masyarakat Indonesia akan lahirnya pemimpin baru usai pemilihan umum 2024. Semoga masyarakat semakin tercerdaskan dengan konten-konten positif untuk menjaga Indonesia tetap dalam persatuan dan kesatuan.

Penghargaan yang diberikan dalam AMC 2024 diantaranya :

Kategori Provinsi Terbaik Kontribusi Konten Berita, Kategori Kabupaten/Kota Terbaik Kontribusi Konten Berita, Kategori Provinsi/Kabupaten/Kota Terbaik Kontribusi Konten Foto, Kategori Provinsi/Kabupaten/Kota Terbaik Konten Berita Terpopuler, Kategori Provinsi/Kabupaten/Kota Terbaik Kontribusi Konten Teragregasi, Kategori Kementerian Lembaga Terbaik Kontribusi Konten Audio Visual, Kategori Provinsi Terbaik Kontribusi Konten Audio Visual, Kategori Kabupaten/Kota (Indonesia Barat) Terbaik Kontribusi Konten Audio Visual, Kategori Kabupaten/Kota (Indonesia Tengah) Terbaik Kontribusi Konten Audio Visual, Kategori Kabupaten/Kota (Indonesia Timur) Terbaik Kontribusi Konten Audio Visual, Kategori Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Terbaik Kontribusi Konten Audio Visual, Kategori Kolaborator Terbaik Pengelolaan Konten Audio Visual, Kategori Komunitas Terbaik Diseminasi Informasi, Kategori Kontribusi Media Nasional Terbaik dan Kategori Kontribusi Media Lokal Terbaik.

Total pemberian penghargaan Anugerah Media Center (AMC) 2024 sebanyak 15 kategori untuk Provinsi, Kabupaten/Kota dan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) se-Indonesia.

 

Tim Liputan Diskominfo Mimika

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?