Berita

Evaluasi RPJMD Mimika 2020-2024, Bappeda Gelar FGD

MIMIKA - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) pada Selasa (15/10/2024) di Ruang Rapat Kantor Bappeda Mimika.

FGD ini merupakan bagian dari proses evaluasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mimika tahun 2020-2024, yang bertujuan untuk menyusun dokumen evaluasi RPJMD.

Pembukaan kegiatan dilakukan oleh Penjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, S.I.P., M.Si., yang didampingi oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Dr. Petrus Yumte, S.H., M.Si., dan Kepala Bappeda Mimika, Ir. Yohana Paliling, M.Si. Hadir pula para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mimika, serta narasumber dari Tim Brawijaya Malang.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Mimika, Valentinus, menyatakan bahwa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) telah menjadi pedoman dalam menentukan arah kebijakan pembangunan. Ia berharap agar RPJMD tersebut dapat membawa manfaat nyata bagi masyarakat Kabupaten Mimika.

"Melalui Focus Group Discussion (FGD) hari ini, kita akan bersama-sama mengevaluasi pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Evaluasi ini penting untuk memastikan bahwa setiap program dan kegiatan yang telah kita jalankan selama empat tahun terakhir telah mencapai target dan memberikan hasil yang maksimal," tegas Valentinus.

"Di Kabupaten Mimika, kita perlu mempertimbangkan kondisi dan kenyataan yang ada agar dapat merumuskan perencanaan yang lebih baik lagi." Lanjutnya. 

Menutup sambutannya, Valentinus menjelaskan bahwa evaluasi RPJMD ini sangat istimewa karena merupakan evaluasi di tahun terakhir dari siklus RPJMD Tahun 2020-2024. Oleh karena itu, kita perlu memberikan perhatian khusus dan mendalam terhadap proses evaluasi ini.

"Proses evaluasi ini akan menjadi momen refleksi penting untuk melihat pencapaian yang telah kita raih. Prinsip utama yang menjadi fokus dalam evaluasi ini adalah pengumpulan data kinerja, hambatan, dan peluang, serta pengembangan strategi yang masih dapat kita manfaatkan untuk mendorong Kabupaten Mimika menuju kemajuan yang kita cita-citakan," tutup Valentinus.

Selanjutnya, dalam arahannya, Kepala Bappeda, Yohana Paliling, menyampaikan bahwa diskusi kita hari ini akan menjadi pondasi dasar untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode berikutnya. Kita juga telah memiliki teknografik RPJMD untuk lima tahun ke depan. Setelah pimpinan terpilih, RPJMD akan kita kerjakan bersama-sama sesuai dengan visi dan misi pimpinan daerah terpilih.

Tim Liputan Diskominfo

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?