Informasi

Pemerintah Terus Upayakan Pembangunan BLK di Mimika

MIMIKA - Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Tenaga Kerja terus mengupayakan pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mendidik anak muda Mimika agar memiliki kemampuan sehingga bisa terserap ke dunia kerja. 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mimika, Paulus Yanengga, S.H., M.Si., saat ditemui tim liputan Diskominfo Mimika di ruang kerjanya, Jumat, 24 Februari 2023.

Kata dia, sebenarnya Mimika telah lama memiliki BLK yang terletak di jalan C. Heatubun tembus Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jalan Cenderawasih, namun karena masih ada persoalan yang belum tuntas, sehingga belum bisa digunakan. 

"BLK yang pemerintah bangun masih ada persoalan sehingga belum bisa digunakan. Kami saat ini sedang mengupayakan untuk pembangunan BLK di lokasi lain," jelas Paulus.

Ia menuturkan, pembangunan BLK ini bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). “Biaya pembangunan nanti dari pemerintah pusat. Kita (Mimika) hanya diminta untuk menyiapkan lahan,” jelas Paulus.

Lebih lanjut Paulus menjelaskan, pemerintah pusat menginginkan lahan dimana BLK akan dibangun harus memiliki sertifikat resmi. “Kalau hanya pelepasan, mereka (Pempus) tidak mau, harus sertifikat. Beppenas sudah dua kali ke Timika untuk menindaklanjuti rencana ini,”

Menindaklanjuti hal tersebut, Paulus mengatakan, telah berkoordiasi dengan Plt Bupati, Johannes Rettob, S.Sos., M.M., sekiranya pemerintah daerah memiliki aset tanah yang masih tidur dan strategis, agar bisa dibangun BLK di lokasi tersebut.

“Saya pribadi melihat kondisi Mimika yang merupakan daerah perusahaan, BLK sangat dibutuhkan. Semoga tidak terlalu lama bisa diwujudkan,” pungkasnya.

 

Tim Liputan Diskominfo Mimika

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?