Informasi

Pemkab Mimika Akan Tambah Enam Distrik Tahun Ini

MIMIKA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah, berencana menambah enam distrik baru di tahun 2023 ini. Demikian disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan pada Sekretariat Daerah (Setda) Mimika, Hengki Amisim, S.Sos., M.H., pada Selasa, 14 Februari 2023, di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, seperti dilansir seputarpapua.com

Saat ini, Bagian Tata Pemerintahan sudah mempersiapkan kajian-kajian dan memproses enam distrik yang direncanakan tersebut. Dokumen hasil kajian juga telah diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

“Kita masih menunggu tim kajian presentasi dulu. Kita akan jadwalkan ulang karena Bupati (Plt Bupati) minta dipresentasikan,” ungkap Hengki.

Ditambahkannya, tahun ini semua urusan pemecahan distrik sudah harus selesai. Tetapi ia belum bisa memastikan apakah soal pendanaan diakomodir melalui APBD 2023 atau tidak.

Enam distrik tambahan tersebut merupakan pecahan dari tiga distrik di dalam kota yakni Distrik Mimika Baru, Kuala Kencana dan Wania. 

Distrik Mimika Baru dipecah menjadi dua distrik tambahan yaitu Timika Jaya dan Koperapoka. Sementara Distrik Bintang Lima dan Mimika Gunung, dulunya bagian dari Distrik Kuala Kencana. Kemudian wilayah Distrik Wania, ditambah dua distrik baru, salah satunya Kamoro Jaya.

Hengky menjelaskan, bila sudah dipresentasikan kepada Plt Bupati Mimika, maka dalam waktu dekat pihaknya akan mengusulkan dokumen draft Peraturan Daerah (Perda) yang sudah ada, untuk dibahas bersama legislatif, dalam hal ini DPRD Mimika.

Sedangkan untuk wilayah pedalaman, pihaknya sudah melakukan survei, namun belum dilanjutkan pembahasan dengan tim akademis, sehingga masih berfokus pada penambahan distrik dalam kota.

Dengan adanya penambahan enam distrik baru, maka jumlah distrik di Kabupaten Mimika akan bertambah menjadi 24 distrik.

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?