Berita

Pemkab Mimika Gelar Parade Paskah Oikumene Tahun 2024

MIMIKA - Dalam rangka memperingati kematian dan kebangkitan Kristus tahun 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melaksanakan kegiatan Parade Paskah Oikumene Tahun 2024, Kamis (21/03/2024), di Timika. 

Hadir dan dibuka secara resmi oleh Bupati Mimika, Dr. Eltinus Omaleng, SE, MH, didampingi Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, SH., S.I.K, Ketua Persekutuan Gereja-Gereja Mimika (PGGM), Pdt. Donald Salima, S.Th, SE dan Pdt. David Onawame. 

Turut hadir dalam kegiatan ini seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Mimika, Forkopimda, Para pendeta dan hamba-hamba Allah serta Pimpinan dari denominasi Gereja. 

Kegiatan diawali dengan hiburan atraksi Drum band dari SMP Negeri 2 Mimika dan Tari Tamborin dari gereja Sinar HGC Kingdom Of God Timika. 

Dilanjutkan dengan pelepasan peserta parade Paskah oleh Bupati Mimika.

Sementara itu rute parade paskah ini dimulai dengan garis start di Jl. Cenderawasih depan Polres Mimika menuju Jl. Yos Sudarso, kemudian menuju ke Jl. Belibis setelah itu ke Jl. Budi Utomo, kemudian ke SP 1 dan kembali ke Jl. Yos Sudarso selanjutnya ke Jl. Cenderawasih dan menuju Finish di gereja Kingmi jemaat Marthen Luther Amungsa mile 32.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan Parade Paskah Oikumene ini dalam rangka menyambut Hari raya Paskah tahun 2024.

“Hari raya paskah merupakan salah satu hari raya besar bagi umat Kristen. Seluruh gereja di dunia merayakannya untuk mengenang Kristus melawan maut" Kata Eltinus. 

Bupati juga berharap umat Kristen di Kabupaten Mimika dapat menghayati makna dari paskah dengan menebar kebaikan kepada sesama manusia dan kepada lingkungan. 

Ketua PGGM, Pdt. Donald Salima, yang juga mengatakan Parade Paskah Oikumene yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten bersama PGGM ini merupakan kegiatan perdana di Mimika. 

"Terimakasih kepada semua yang telah hadir, juga kepada masyarakat yang sangat antusias datang dan menyaksikan momen yang bersejarah bagi kami, karena momen ini adalah momen perdana yaitu parade menggunakan mobil hias dengan nuansa paskah" Ucap Pdt. Donal. 

Donal juga menyampaikan bahwa pelaksanaan parade Paskah ini merupakan momen yang sudah dilaksanakan sekian tahun yang telah silam menurut kitab suci, sehingga pihaknya mencoba mengambil maknanya. 

"Mulai dari start sampai di finish sana, kita lakukan dengan penuh penghayatan. Dan saya mengajak kita semua agar mari mulai hari ini dan seterusnya mari kita ciptakan suasana religius kembali terjadi di kabupaten mimika, sehingga wajah mimika kembali berubah dan mimika menampilkan situasisituasi-situasi yang penuh kedamaian" Harap Donal. 

 

Tim Peliputan Diskominfo Mimika

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?