Berita

Pimpin Apel Gabungan, Pj Sekda Minta Penyelenggaraan APBD Berikan Dampak Pada Masyarakat

MIMIKA - Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Petrus Yumte, S.H., M.Si., pimpin apel gabungan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada lingkup Pemerintah Kabupaten Mimika, bertempat di Kantor Pusat Pemerintahan Sp 3, Senin (03/04/2023).

Dalam arahannya, Pj Sekda saat memimpin apel pagi mewakil Plt Bupati Mimika menyampaikan ucapan terima kasih kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Mimika yang tetap mengikuti apel gabungan tiap minggunya.

"Melihat situasi kedepan, apakah nantinya memungkinkan untuk apel akan dilaksanakan setiap harinya pada kantor OPD masing-masing, sebab apel ini sebagai tolak ukur kita mengukur kehadiran serta kinerja ASN, maka itu agar kedepannya juga para Pimpinan OPD dapat memantau kehadiran stafnya sebab dilihat kehadiran ASN saat ini masih sangat lemah," ungkapnya.

Pj Sekda juga menambahkan, bahwa hari ini akan dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Mimika, sebab sebelumnya sudah dilaksanakan forum untuk OPD sendiri, sehingga seluruh Pimpinan OPD harus memastikan catatan dari Kepala Distrik, Kepala Kampung serta data-data yang dibawa untuk dilihat dan dibahas dengan baik pada Musrenbang Kabupaten.

Selain itu juga Pj Sekda meminta para Pimpinan OPD untuk memantau bagian program agar tidak melewatkan program yang harus diutamakan, sehingga Pimpinan OPD dalam presentasenya secara langsung nantinya akan menyampaikan terkait program pada OPD yang akan dilaksanakan di tahun 2024 supaya pagu anggaran yang nantinya diberikan sesuai dengan program kerja.

Ia menegaskan, bahwa semua kegiatan atau program sangatlah penting tetapi ada yang harus diprioritaskan untuk menjawab Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati yakni harus menyentuh masyarakat, sebab APBD merupakan fasilitator pemerintah dengan masyarakat, seperti halnya Standar Pelayanan Minimum (SPM) pada Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas PU dan beberapa OPD rumpun yang wajib menjadi prioritas.

" Kita bekerja sesuai dengan keterbatasan pendapatan, tidak perlu harus mengejar kegiatan yang nilainya besar namun lihatlah hal mana saja yang seharusnya menjadi prioritas utama didalam OPD, sebab hal ini terkait pelayanan kepada masyarakat agar tepat sasaran dimana penyelenggaraan APBD mampu memberikan dampak kepada masyarakat," jelas Petrus.

Selanjutnya, Pj Sekda telah mengusulkan untuk tahun ini diadakan lomba Inovasi Daerah melalui program pemerintah misalnya seperti pada Bappeda atau Bagian Keuangan jika selama ini kita bekerja secara manual maka harus ada inovasi yang gunanya mempermudah proses kerja.

"Apa yang menjadi masalah dalam manajemen pengelolaan pemerintah dapat diselesaikan dengan sistem dalam aplikasi, kita lihat di daerah lain dengan APBD yang kecil namun mereka tetap belajar berinovasi, ini adalah hal yang luar biasa, maka itu mari kita bersama bergandeng tangan untuk lakukan inovasi agar Kabupaten Mimika lebih berkembang lagi," harapnya.

Menutup arahannya, Pj Sekda mengingatkan terkait UP agar mohon diperhatikan laporannya, agar digunakan untuk mendukung operasional OPD sendiri, untuk perjalanan dinas mohon untuk diperhatikan staf, bahkan honorer agar dirangkul agar ada motivasi.


Tim Liputan Diskominfo Mimika.

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?