Berita

Pimpin Rapat Dengan Pimpinan OPD, Pj Bupati Mimika : Masuk Tahun Politik, ASN Harus Netral

MIMIKA - Penjabat Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, S.IP., M.Si., didampingi Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika, Dr. Petrus Yumte, S.H., M.Si., memimpin rapat bersama para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta para Kepala Distrik pada lingkup Pemkab Mimika.

Rapat yang dilaksanakan secara tertutup tersebut, berlangsung di Hotel Grand Tembaga, Senin (09/09/2024) di Timika.

Usai memimpin rapat dalam wawancaranya bersama Tim Liputan Diskominfo, Pj Bupati Mimika menyampaikan selain membahas beberapa hal penting, dirinya kembali mengingatkan Pimpinan OPD agar netral memasuki tahun politik tersebut.

"Tanda kutip nih, karena kita masuk tahun politik, jadi saya mengingatkan seluruh Kepala OPD bahwa kita itu ASN, tetap harus netral. Yang harus diingat didalam politik itu tidak ada yang abadi, hari ini kau bisa berteman, besok bisa bermusuhan dan ini hal yang sah-sah saja di dunia politik," tuturnya.

Velentinus menegaskan, agar Pimpinan OPD harus tetap menempatkan diri sebagai ASN dan tidak terpengaruh dengan situasi.

Sementara itu Valentino mengatakan terkait dengan paripurna, pihaknya sedang melakukan pengecekan anggaran secara keseluruhan dan akan melakukan pertemuan dengan Bappeda dan juga bersama Sekda Mimika.

"Saya sudah minta ke Bappeda, Sekda, kita harus duduk. Tadi dikatakan ada defisit 800 kan?, nah ini lagi yang mau saya ingatkan terkait dengan defisit, ini kan didalam penyusunan anggaran tidak semua orang tau itu, penyusunan anggaran di Pemerintah Daerah ini kita pakai tafsiran angka, berapa sih angka yang kita mau patok untuk di Kabupaten kita," jelasnya.

Menurutnya APBD yang tidak maksimal dapat mengakibatkan defisit, hal ini dikarenakan tidak ada penyerapan.

"Sebelumnya, dulu saat disini sudah saya warning maksimal adanya 6 trilyun, tetap kenyaatannya ditetapkan 7,5 trilyun. Semua itukan angka, kita kan sedang berusaha untuk mendapatkan seperti itu, nah kalau kita tidak bisa mendapatkan yah kita defisit. Jadi jangan nanti, begitu orang pergi nanti pejabat yang baru disalahkan, sehingga ini yang harus diluruskan," pungkas Valentinus.

"Kondisi kebijakan yang ada ini kita bisa perbaiki. Jadi sekarang, kalau kemarin kita sudah terlanjur menghitung, kita kasih Dinas A sekian, Dinas B sekian, tetapi karena kita ada defisit yah kita tarik kembali. Tolong dikurangi dulu kegiatannya, disesuaikan. Kenapa? toh ini juga sudah mau akhir tahun, masih ada yang belum dilelang, kan tidak terserap juga kan, ya kita tarik kembali," tambahnya lagi.

Velentinus juga mengungkapkan, adapun pembahasan penting dalam rapat tersebut baik bersama para pimpinan OPD ataupun bersama Kepala-Kepala Distrik pada lingkup Pemkab Mimika, yaitu terkait permasalahan yang terjadi di Wakia.

" Terkait dengan masalah di Wakia, ini menjadi atensi khusus dan nanti sore kami ada rapat lagi, Itu harus segera selesai.," kata Valentinus.

Tim Liputan Diskominfo Mimika

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?