MIMIKA - Penjabat Sekda Mimika, DR. Petrus Yumte, S.H., M.Si., secara resmi menutup Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan II dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan I pada lingkup Pemerintah Kabupaten Mimika.
Kegiatan penutupan PKA dan PKP yang dilaksanakan atas kerjasama antara Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mimika dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BPSDA) Provinsi Papua ini berlangsung di Hotel Cenderwasih 66, Rabu (14/08/2024) di Timika.
Pj Sekda yang didampingi Kepala Badan Pengembang Sumber Daya Aparatur (BPSDA) Provinsi Papua, Elsye P. Rumbekwan, S.Pi., M.Si., dan Kepala BPKSDM Mimika, Everth Lukas Hindom, S.STP., MH., dalam sambutannya menyampaikan pemerintah terus berupaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kinerja aparatur sipil negara yaitu dengan mengembangkan kompetensi baik kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural bagi setiap pemangku jabatan yakni jabatan pimpinan tinggi, administrator dan pengawas.
“Pada setiap instansi pemerintah diperlukan sosok pejabat administrator yang memiliki tanggung jawab dalam memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik, dan administrasi pemerintahan serta pembangunan bagi keberlangsungan unit organisasi, yaitu dalam peningkatan kinerja unit organisasi yang dilakukan oleh pejabat administrator,” tuturnya.
Menurutnya untuk memenuhi standar kompetensi manajerial jabatan administrator, dapat diwujudkan melalui kegiatan tersebut.
“Adapun kompetensi yang harus dipenuhi oleh pejabat administrator antara lain kemampuan untuk menggerakan seluruh anggota tim serta mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk bekerja bersama-sama sebagai team work yang solid dan menemukan cara-cara kreatif untuk mencapai tujuan organisasi,” ucap Petrus.
Mengakhiri sambutannya, Petrus juga menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Mimika, dirinya mengucapkan terima kasih kepada BKPSDM Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika yang telah bekerja sama dalam kegiatan ini sehingga berjalan dengan baik sampai selesai.
Petrus juga berharap, epada seluruh peserta, saya harap pembelajaran yang telah dilaksanakan diharapkan dapat memberikan bekal kepada para pejabat administrator dalam memimpin unit kerjanya.
“Usai pelatihan ini para peserta PKA juga diharapkan dapat mendatangkan manfaat serta kemajuan pada institusi tempat mereka bertugas, sehingga kelak dapat mewujudkan good governance di Indonesia khususnya di Kabupaten Mimika,” tutup Petrus.
Dalam pelaksanaan kegiatan PKA diikuti oleh 30 peserta dan PKP sebanyak 30 peserta, dengan lama pelaksanaan yakni selama tiga bulan lamanya. Juga, selama kegiatan berlangsung peserta juga melakukan aktualisasi Aksi Perubahan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing.
Tim Peliputan Diskominfo Mimika