Informasi

Presiden RI Rencana Resmikan Terminal Baru Bandara Mozes Kilangin

MIMIKA - Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. H. Joko Widodo, direncanakan akan meresmikan terminal baru sisi selatan bandar udara (bandara) Mozes Kilangin, Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Nella Manggara, S.E., M.Si., di Terminal Pasar Sentral, Timika, Selasa, 31 Januari 2023.

Seperti dilansir seputarpapua.com, Nella menjelaskan, rencananya Presiden RI akan meresmikan terminal baru dan area parkir bandara Mozes Kilangin pada bulan Maret 2023.

“Sebagai persiapan, nanti tim dari Kementerian Dalam Negeri akan datang untuk pertemuan mengenai rencana peresmian bandara, pada minggu kedua Februari,” ungkapnya.

Hingga saat ini, menurut Nella, terminal bandara Mozes Kilangin sisi selatan secara fisik sudah selesai 100 persen. Pada tahun ini dianggarkan juga aksesoris pelengkap di dalam terminal bandara.

Dikatakannya, dua gedung terminal penumpang Bandara Mozes Kilangin Timika sisi selatan, baik yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, terhubung satu dengan yang lain, dengan luas total secara keseluruhan mencapai 42.000 meter persegi, berkonstruksi dua lantai.

Dikutip dari Timika Express (TimeX), saat ini Dinas Perhubungan Mimika sudah memasang tiga unit Garbarata di gedung terminal penumpang, yang terhubung dengan lantai dua.

Disebutkan, terminal ini merupakan terminal terluas kedua di kawasan timur Indonesia setelah Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?