Berita

SMA Negeri 5 Lepas 153 Siswa/ Siswi Kelas XII Tahun Ajaran 2023/2024

MIMIKA - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Sentra Pendidikan Mimika, melaksanakan kegiatan bakar batu dalam rangka pelepasan 153 siswa/ siswi kelas XII tahun ajaran 2023/ 2024. Berlangsung di Sentra Pendidikan Timika, Sabtu (04/05/2024). 

Kegiatan yang mengusung tema “Teruskan Perjuanganmu Menghadapi Dunia Nyata Dengan Diiringi Doa orang Tua dan Guru” tersebut dihadiri oleh Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/ SMK Kabupaten Mimika, Katimin, S.Pd.,M.Pd., didampingi Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Sentra Pendidikan, Yohanes Napan, S.Pd, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Mimika, Martinus Wenda, S.Pd, Kepala Sekolah SMP Sentra Pendidikan Mimika, Anthon Rante, S.S, Pembina Asrama Sentra, Rufina Hungan, Para dosen STIKIP Hermon Timika, Rektor STIKIP Terang Bangsa, para Dosen Universitas Timika serta para guru SMA Negeri 5 Sentra Pendidikan, para orangtua siswa dan undangan. 

Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Sentra Pendidikan Mimika, Yohanes Napan, S.Pd dalam sambutannya, menyampaikan dirinya sebenarnya menunggu kehadiran Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika, namun Pemda tidak hadir dalam acara tersebut.

“Kita sebenarnya mau tunggu dari Kabupaten, dari Dinas, namun tidak datang. Sekolah Sentra ini dinamai dan ditempatkan disini tengah hutan, sehingga jika diadakan acara tamu tidak datang," ungkap Yohanes.

Lanjutnya, ia berpesan kepada 153 siswa/ siswi agar belajar dengan giat sebab kelak keberhasilan siswa/ siswi ini akan menjadi kebahagiaan untuk semua orang termasuk dirinya.

"Pesan saya, silahkan pilih mau melanjutkan di sekolah mana, kejar cita-cita, cari ilmu sebanyak-banyaknya. Beberapa tahun kedepan entah 10 atau 5 tahun lagi, kalian akan datang mungkin saja saya tinggal nama, meski begitu jika kalian sukses, saya pasti tersenyum," pesannya.

Sementara itu, Ketua MKKS SMA/ SMK Kabupaten Mimika, Katimin, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya mengatakan kantor pengawas itu berada di sekolah bukan di kantor/dinas.

Katimin berujar, tadi Kepala Sekolah menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran pengawas. Saya memang selalu datang ke SMA Negeri 5 sebab ini merupakan tugas dan kewajiban dimana kami punya sekolah dampingan bukan sekolah binaan terdapat 7 sekolah, dimana salah satunya yakni SMA Negeri 5 Sentra.

“Ada 153 siswa/siswi yang siap untuk melanjutkan cita-cita, bapak/ ibu jangan suruh tinggal disini. Anak-anak harus menimba ilmu di luar sana, mencari pengalaman di luar sana. Kita belajar disini belum cukup, akan lebih cukup lagi kalau kita mencari pengalaman dan menimba ilmu dari luar," tuturnya.

Mengakhiri sambutannya, Katimin berpesan agar belajar lebih keras, meningkatkan kemampuan dan meningkatkan kompetensi, ini merupakan estafet atau keberlanjutan serta kemajuan tetapi jangan sampai melupakan budaya.

“Tunjukan kepada sekolah ini, harus ada estafet, harus ada keberlanjutan. Anda sebagai penerus generasi-generasi ke depan, maka anda harus mempersiapkan diri. Ke depan tantangannya tidak ringan tetapi lebih berat. Bagaimana mengatasi itu? Harus belajar keras, meningkatkan kemampuan, meningkatkan kompetensi. Kita harus maju tetapi jangan tinggalkan budaya kita, sebagai orang papua. Harus dipelihara, jangan sampai hilang, jangan sampai terbawa karena arus teknologi,” pesan Katimin.

Kegiatan ini diawali dengan ibadah syukur, kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dan disusul hiburan tarian dan tarian seka dari siswa/siswi kelas X dan kelas XI serta acara bakar batu.

 

Tim Peliputan Diskominfo Mimika

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?