Informasi

Telkom Perbaiki Jaringan Kabel Laut Jalur Sorong - Merauke

MIMIKA - Sehubungan dengan proses penyambungan dan perbaikan Sistem Komunikasi Kabel Laut Sulawesi Maluku Papua Cable System Ruas Sorong - Merauke, Kakandatel Timika, Jangkir Simbiak menyampaikan perihal proses penyambungan perbaikan kabel laut pada titik gangguan KM 138 dari Sentra Telepon Otomat Merauke di kedalaman 42 meter yang telah dilakukan sejak Rabu lalu.

Saat ini telah dilakukan pengetesan hasil penyambungan telah ditemukan titik gangguan baru dijarak 625 km dari Merauke di kedalaman 40 meter.

Untuk estimasi degradasi layanan jaringan pada hari Minggu 04 Februari 2024 sekitar 12 jam, dan pada tanggal 07 Februari sekitar 30 jam.

Dalam proses penyambungan ini juga berpotensi dapat menyebabkan penurunan kualitas layanan pada Telkom Group baik suara ataupun data internet pada area Timika, Kaimana dan Dobo.

Saat ini kapal khusus yang biasanya digunakan untuk perbaikkan SKKL Dnex Pacific Link, telah menuju ke titik gangguan dan untuk selanjutnya dapat melakukan perbaikan jaringan.

Telkom Group saat ini juga sudah melakukan re-routing atau jalur back up untuk layanan eksisting dengan melewati infrastruktur kabel laut Palapa Ring Timur, radio dan satelit.

Kakandatel Timika, Jangkir Simbiak, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan atas dampak yang terjadi, pihaknya akan pastikan perbaikkan kabel laut ini segera selesai sehingga layanan dapat kembali normal diminggu berikut, mohon dukungan semoga proses perbaikkan ini dapat segera selesai dengan baik.

Tim Liputan Diskominfo Mimika

Apakah isi website memberikan informasi yang anda butuhkan ?